Sabtu, 17 Desember 2016

TIPS DAN TRIK CARA JITU AGAR MUDAH LULUS SELEKSI


Wawancara kerja memiliki salah satu porsi terbesar dalam menentukan lolos atau tidaknya kandidat menjadi karyawan dalam sebuah perusahaan. Wawancara kerja tentunya tidak pernah dimasukan dalam mata kuliah, bahkan untuk seminar dan pelatihan, atau setidaknya sekedar di bahas resmi dalam lingkungan perkuliahan. Sebenarnya kalau anda memahami dan mau mempelajarinya, wawancara adalah hal yang mengasikkan, tidak ada yang perlu di khawatirkan, anda bisa menjawab dan bahkan mengajukan pertanyaan dalam wawancara kerja  


1. Persiapkan Mental anda


Persiapkan mental anda untuk menghadapi seleksi tersebut, anda bisa mempelajari hal-hal tentang organisasi dan kampus.


2. Percaya diri, jujur namun tidak sombong


Percaya diri disini adalah menunjukan bahwa anda sangat antusias untuk bergabung di organisasi ini, anda harus yakin jika nanti keterima anda akan bekerja dengan sebaik mungkin demi kemajuan organisasi. Jangan tunjukan kesombongan anda dengan kelebihan anda yang sebenarnya seperti dibuat-buat, katakan semuanya dengan jujur apa adanya. jika nanti penguji mendapatkan celah kebohongananda, anda langsung di blacklist.


3. Tepat waktu


Jangan terlambat sedikit pun, Hal ini menyebabkan kesan yang buruk. cobalah untuk hadir 15 menit leboh awal. anda tiba lebih awal, basuhlah wajah anda di rest room atau minum kesukaan anda di kantin terdekat. ini akan membantu menyegarkan diri anda. buatlah anda santai dan percaya diri.


4. Sikap dan profesional


Bagaimanapun organisasi membutuhkan anggota yang mau bekerja keras namun juga memiliki sopan santun. Sikap sopan ini bisa anda tunjukkan pada saat pertama masuk keruangan tempat wawancara dilakukan, sodorkan tangan anda terlebih dahulu untuk berjabat tangan, kemudian sikap duduk sempurna dan tidak terkesan lemah seperti tidak percaya diri. Tatap matanya ketika mendengarkan dia bicara dan ketika anda berbicara. Jangan gugup karena hal ini akan menggaggu konsentrasi anda.


5. Jangan pernah memberi jawaban ‘Tidak!’


Sering kali saat kita mengikuti tes interview maka si penguji akan selalu bertanya soal kemampuan apa yang kita miliki, misalnya saja ditanya, “Bisa komputer?” atau “Bisa menggunakan program komputer seperti Photoshop, Powerpoint dan sebagainya?”. Nah kalau kamu mendapat pertanyaan interview seperti ini maka pastikan untuk tidak menjawab ‘tidak’, karena sekali kamu menjawab demikian maka si penguji tadi sudah bisa memberi penilaian terhadap kemampuanmu dan bahkan bisa jadi ia sudah bisa memutuskan dalam hati bahwa kamu tidak layak diterima.


6. Jawablah sesuai pertanyaan yang diberikan


Pada masalah ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak tahu bahwa sebenarnya orang yang menjawab bertele-tele malah akan mendapat penilaian buruk dari penguji. Di antara efeknya adalah akan dinaggap tidak tegas dan ‘jago ‘ngeles’. Untuk itu, sebaiknya jawab saja seadanya kalau memang mau lolos interview dengan mudah dan gampang. Jika seandainya hanya jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ yang diminta maka jawab saja seperti itu, tidak usah malah panjang lebar yang membuat kamu sulit sendiri. Keculia jika memang diminta langsung, maka barulah kamu jawab dengan lengkap dan detail.


7. Prediksi pertanyaan yang akan kira-kira apa yang akan di tujukan

Biasanya pertanyaan yang diajukan sipenguji adalah tentang diri anda, pengalaman anda, komitmen anda dan program kerja kedepan


8. Jangan sampai anda salah memilih kementerian


Pilihlah kementerian yang benar-benar anda kuasai. carilah kementerian yang memiliki kouta paling sedikit. Kenali kementerianmu, cari tahu tentang pengujimu. bila perlu bertemanlah dengannya karena saat penguji mengenali anda itu dapat menjadi perhatian sipenguji.


9. Berterimakasih


Dan yang terakhir,jangan lupa ketika selesai wawancara anda harus berterima kasih karena sudah diundang untuk wawancara, hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada organisasi yang telah meberikan kesempatan untuk anda diwawancara, wawancara adalah langkah terakhir sebelum anda diterima atau ditolak oleh organisasi.


10. Berdoa


Yupz, tidak ada yang lebih baik selain berdoa, semua sudah anda lakukan dengan baik, persiapan sebelum wawancara hingga wawancara selesai dilakukan, anda hanya perlu berdoa agar semua yang anda inginkan bisa terwujud.

Selamat Datang Di

Simtem Informasi BEM PNL

Ini Adalah Kotak Login dan Register Form. Login Form Di Samping ini Hanya Untuk Kabinet, Menteri, Staff dan Eksekutif Junior Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe

Login Anggota

Lupa Kata sandi?

Belum menjadi anggota? Daftar!